Minggu, 07 Oktober 2012

Alat untuk Membuat Souvenir Pernikahan

Umumnya, alat-alat yang digunakan untuk membuat kerajinan souvenir pernikahan umumnya sebagai berikut :
Alat Alat Untuk Membuat Souvenir Nikah
  1. Gunging, digunakan untuk memotong kertas, karton, pita dan bahan-bahan lainnya. Jika ingin variasi lain, gunging dengan sisi bergerigi dapat digunakan untuk menghias potongan bahan.
  2. Pensil, digunakan untuk menandai potongan atau membuat garis dan pola sebelum bahan dipotong. Dalam hal ini, pilihlah pinsil yang lunak dan mudah di hapus.
  3. Spidol, seperti fungsi pensil untuk menandai atau membuat gari terutama pada bahan-bahan yang tidak dapat ditandai dengan pensil.
  4. Penggaris, digunakan untuk mengukur, membuat garis dan pola. Pilihlah penggaris yang kuat seperti dari bahan stainliss steel agar tidak mudah patah dan gores.
  5. Selotip, berguna untuk menyatukan dua bahan terutama bahan-bahan kertas dan karton. Bahan yang sudah disatukan dengan selotip tidak mudah bergeser saat dipotong.
  6. Souble Tip, bentuknya mirip dengan selotip biasa hanya saja kedua sisinya dapat direkatkan. Alat ini berguna untuk menyatukan kedua bahan ringan seperti kertas dan karton dengan bersih tanpa meninggalkan bekas seperti jika pakai lem.
  7. Lem, umumnya digunakan lem serbaguna untuk merekatkan kertas, karton, styrofoam, kaca, biji-bijian, kayu dan sebagainya.
  8. Cutter dan Gunging, sangat membantu untuk memotong bahan-bahan yang relatif lebih tebal dan tidak menimbulkan efek gelombang. Sehingga hasilnya lebih rapi jika dibanding dengan potongan gunting.
  9. Perforator, untuk melubangi kertas dan karton. Ada dua jenis perforator berdasarkan kegunaannya, pertama jenis persegi yang cocok digunakan untuk kertas yang tipis dan sedang. kedua jenis tank untuk melubangi bahan-bahan yang lebih kuat dan tebal.
  10. Cat Poster, digunakan untuk melapisi bahan-bahan sehingga lebih bagus hasilnya. Kelebihan cat ini dapat dicampur-campur untuk menghasilkan warna baru yang diinginkan.
  11. Kuas, digunakan untuk membantu mengecat bahan-bahan agar hasilnya rapi dan lebih bagus. Sesuaikan ukuran kuas dengan ukuran bahan yang akan diwarna.
  12. Tang, ada berbagai macam bentuk tang, ada yang lancip, tebal ber gerigi dan sebagainya, digunakan untuk membengkokan alat, memotong kawat. Disarankan menggunakan tang yang bergerigi sehingga dapat mencekeram kawat dengan kuat.
Dan masih banyak lainnya sesuai dengan kebutuhan pembuatan souvenir pernikahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar